Selasa, 11 Desember 2012

Cara Merubah Ukuran Inchi Menjadi Milimeter Atau Centimeter Pada MS Word 2007

Secara default, semua satuan yang dipakai di dalam Microsoft Word menggunakan satuan Inchi. Seperti terlihat pada pengaturan Paper Size (ukuran kertas), Page Margin (batas tepi), lebar kolom, ruler, dan lain-lain.
Di Indonesia, satuan Inchi tersebut kurang begitu familiar karena kita sudah terbiasa dengan satuan ukuran millimeter atau centimeter.
Jika menghendaki, kita dapat merubah default satuan Inchi tersebut menjadi millimeter atau centimeter.
Berikut cara mengganti satuan Inchi ke milimeter atau ke centimeter. Berhubung penulis menggunakan Microsoft Word 2007 maka pada kesempatan ini, penulis akan mencontohkan pada Microsoft Word 2007.
Pertama, bukalah Microsoft Word 2007.
Kedua, klik pada Office Button yang berada di bagian kiri atas kemudian akan terbuka sebuah jendela berisi menu dan “Recent Documents”.
Ketiga, pada jendela tersebut kemudian klik button Word Options (ada bagian bawah) sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.


Keempat, pada tab sebelah kiri pilih menu Advance.
Kelima, masih pada menu Advance, kemudian pada panel sebelah kanan pilih/cari sub menu Display. Kemudian temukan “Show Measurements in units of” dengan cara menggeser kursor ke bawah, seperti gambar di bawah ini.


Keenam, kemudian silahkan untuk memilih satuan ukuran, dalam millimeter atau bisa juga ke dalam centimeter.
Ketujuh, jika sudah selesai kemudian dilanjutkan dengan menekan tombok OK yang ada di bagian bawah.
Kedelapan, untuk memastikan konversi sudah berlaku, silakan untuk membuka Page Margin atau Paper size atau yang lainnya.
Kesembilan, pastikan satuan ukuran telah berubah dari satuan Inchi ke dalam satuan millimeter / centimeter.
Kesepuluh, SELAMAT MENCOBA.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar