Selasa, 04 September 2012

Cara Sharing Folder dari Window 7 ke Window XP

Assalammualaikum wr.wb.
Hallo Para Pencari Ilmu....Hari ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mensharing folder atau dokumen dari window 7 ke window xp...
Sebelumnya kita harus mensetting Workgroup Pada masing-masing windows pada workgroup yang sama.
Caranya:
1. Untuk Window 7 klik kanan pada My Komputer - Propoties -System Protection - Komputer name- klik change pada workgroup - Pilih Workgroup lalu ubah namanya sesuai keinginan - ok dan restart lah komputer anda.
2. Untuk Window XP klik kanan pada My komputer - propoties - komputer name - klik change pada workgroup - Pilih Workgroup lalu ubah namanya sesuai keinginan - ok dan restart lah komputer anda.
3. Setelah itu pada window 7 atur password protectionnya menjadi off agar saat mensharing data nanti tidak dimintai password,dengan cara buka control panel pada window 7 - pilih Chose Homegroup and Sharing option -  Change Advance Sharing Setting - pada tab Password Protection Sharing Turn offkan password protection Sharing - Save Change.
4.Selanjutnya Kita harus Mensetting IP dari masing-masing window,Untuk Window 7  buka control panel - klik view network status and task - pilih change adapter setting - klik pada local area network - propoties - pilih tab internet protocol versi 4 - propoties - pilih use the following ip addres - masukkan ip sesuai keinginan anda tapi ingat IP yang anda masukkan harus versi C.
Jika anda tidak mengetahaui apa itu IP versi C anda bisa mengikuti contoh Ip yang saya berikan: 
- Ip address          : 192.168.1.110
- Subnet Mask      : 255.255.255.0
- Default Gateway : 192.168.1.1
5. Selanjutnya Anda tinggal Mensharing Folder di Window 7 yang ingin anda sharing ke window XP dengan cara : Klik kanan pada folder yang ingin anda sharing lalu klik propoties pilih sharing lalu klik pada advance sharing dan conteng share foder lalu apply dan ok.
setelah itu klik pada Share pada tab Add anda masukkan Everyone lalu add lalu pilih share.Folder siap di sharing ^^
6. Pada Windows XP klik Run(Window + R) pada keyboard ketik alamat Ip yang anda berikan pada Windows 7 Contoh :  //192.168.1.1 enter(penting anda harus mengetik backslash \\ sebelum nomor IP)
7. Selamat Anda telah berhasil Mensharing foder tersebut selanjutnya anda tinggal copy saja.

5 komentar :